Koneksi kamu lelet? ini dia penyebabnya!

Koneksi kamu lelet? ini dia penyebabnya!

Semenjak handphone poliponik tergeser oleh smartphone, semua orang ketergantungan dengan internet. Yah memang teknologi semakin kesini semakin berkembang, bahkan lebih cepat. Semua aplikasi hampir membutuhkan koneksi internet, sehingga banyak orang membutuhkan paket kuota data yang berlimpah. Apalagi masa pandemi sekarang, nonton video streaming ataupun video conference membutuhkan koneksi internet yang cukup banyak. Namun pernahkah berfikir, Kenapa koneksi kamu lelet?. Ada beberapa hal yang menyebabkan koneksi di smartphone ini lelet.

Beberapa penyebab koneksi kamu lelet

Ada beberapa yang menyebabka koneksimu lelet, yah beberapa memang tidak bisa dipungkiri, kita harus sabar dan menunggu. Berikut kita bahas apa saja penyebabnya. yuk simak!

1. Hujan atau cuaca buruk terjadi

Pada saat hujan, beberapa koneksi akan menurun. Ada yang sengaja Koneksi pada radio di BTS dimatikan ketika cuaca buruk terjadi. Tetapi bukan itu saja penyebabnya, pantulan signal juga sangat berpengaruh. Pada saat hujan signal merambat melalui udara, ketika hujan terjadi, signal akan memantul dari titik air hujan yang jatuh hingga sampai ke penerima signal. Biasanya terjadi interferensi pada frekwensi yang dipakai. Ini akan pulih lagi jika hujan telah reda. cuaca buruk menjadi pengaruh pada koneksi HP kamu, bisa saja akan terjadi lemot.

2. Signal Buruk

Kalau ini tidak perlu dijelaskan lagi ya teman-teman. Ini terjadi kemungkinan daerah sekitar belum ada BTS atau signal provider yang digunakan. biasanya terlalu jauh untuk menjangkaunya, ini akan mengakibatkan HP kamu akan cepat panas dan baterai cepat habis dikarenakan HP otomatis mencari signal terbaiknya.

3. Jaringan yang terlalu sibuk atau overload

Pada kasus kali ini, sering terjadi di sekitar kita. banyaknya pengguna internet di satu provider ini terlalu banyak atau bisa dikatakan overload. Kelebihan batas maksimal pengguna akan mengakibatkan lelet koneksi. Padahal signal yang didapatkan itu bagus, namun mendapat kecepatan koneksi yang sedikit. Sama seperti saat kita menggunakan Hotspot gratis, dalam satu pemancar atau modem yang di sebar. Setiap alat pemancar atau hostpot, punya batas maksimal device yang terhubung. ini bertujuan untuk pengguna hostpot tidak berlebihan dan mendapat koneksi yang cukup.

Ibarat jalan raya yang biasa dilewati itu hanya beberapa mobil saja. Namun ketika ramai atau padat kendaraan, jalan tersebut menjadi macet. Ketika ramai mobil tidak bisa saling menyalip, harus antri sampai jalur masing-masing datang. Begitu juga koneksi internet pada HP, ketika overload akan mendapatkan koneksi yang sedikit. Tidak seperti biasanya, yang mendapatkan kecepatan hingga 20 Mbps, sekarang boro – boro mendapatkan 3Mbps, padahal signal cukup bagus. Ini bisa dibilang overload, melebihi batas maksimal.

4. Paket yang digunakan terlalu banyak pengguna

Pada pemilihan paket pun menjadi salah satu penyebab leletnya koneksi yang kamu gunakan. Setiap paket yang provider sediakan itu punya batas maksimal penggunaan. Biasanya paket kuota yang menjadi lelet itu pada paket Unlimited, karena pada paket ini banyak yang menggunakan karena tak terbatas. padahal setiap paket unlimited sekarang itu berbeda dengan paket unlimited dulu.

Kalau dulu tidak ada batas FUP atau batas wajar penggunakan paket data. Namun paket unlimited sekarang sudah menggunakan FUP, yang biasanya dibatasi dalam per hari. Biasanya perhari hanya di batasi kuota yang di pakai 4 GB atau sesuai paket data yang kamu pilih pada provider yang kamu gunakan. Biasanya yang selalu lancar itu pada paket data Volume base, dipaket ini tidak dibatasi pada kecepatan dan FUP. hanya saja sudah di patok sekian GB pada jam tertentu. Jadi tidak hanya signal saja yang membuat lelet ya teman – teman 🙂

5. koneksi yang lelet hanya di jam tertentu saja

Nah, kamu pernah gak sih, merasakan koneksi lancar di jam tertentu saja. Kalau iya, itu memang banyak terjadi pada provider di indonesia. berarti pada saat itu penggunaan koneksi sangat padat, sehingga tidak bisa mendapatkan koneksi yang cukup. Namun di jam tertentu juga koneksi lancar, berarti pada saat itu penggunaan koneksi menurun atau kecil yang melakukan konesi internet. Pada kasus ini sering terjadi pada sekitar kita.

6. Aplikasi yang berjalan dibelakang layar

Kita tidak merasakan koneksinya namun tiba-tiba paket data yang kita gunakan itu banyak digunakan. Padahal kita tidak menonton youtube atau lainnya, Ini terjadi pada aplikasi yang berjalan di belakang layar. Untuk mendapatkan akurasi data realtime atau memberikan notifikasi setiap saat. Contohnya aplikasi berita, facebook bawaan yang selalu update terus menerus jika koneksi data kita aktifkan. Untuk menghematnya hanya dengan force close saja atau bisa di uninstall jika aplikasi itu tidak terlalu penting.

7. Kartu SIM kamu bermasalah

Kasus ini pernah aku alami ketika ada perubahan signal frekwensi pada provider yang saat itu aku pakai. Jadi kartu SIM ku itu kartu lama dari pertama beli di konter pulsa, dan merasakan kadang signal ilang atau untuk koneksi itu lelet. ini dikarenakan ada perubahan frekwensi. soalusinya adalah dengan mengganti kartu SIMnya di gallery. barulah koneksi dan signal pun lancar ketika kartu SIM nya telah diganti yang baru.

8. Sistem operasi yang bermasalah

tidak melulu provider yang disalahkan karena koneksi lelet, bisa pula terjadi pada sistem operasi yang di gunakan. Sistem operasi tersebut belum di update yang terbaru juga termasuk pengaruh koneksimu lelet. Satu lagi masalah yang sepele yang kadang kita tidak tahu, yaitu Jam yang belum diatur atau belum sesuai dengan timezone saat itu juga.

Baca juga : Sebesar ini paket data yang digunakan saat menonton youtube!

Demikian beberapa penyebab koneksimu lelet, sekarang kamu menemukan solusi bagaimana koneksimu bisa lancar kembali. terima kasih telah mampir membaca. 🙂

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *