Begini Cara Mengatasi Keypad Laptop Tidak Berfungsi - Bangslem.id
Begini Cara Mengatasi Keypad Laptop Tidak Berfungsi

Begini Cara Mengatasi Keypad Laptop Tidak Berfungsi

Keypad laptop atau bisa juga disebut keyboard, adalah komponen penting pada laptop yang cukup rawan mengalami kerusakan. Keyboard yang tak berfungsi bisa disebabkan oleh beberapa hal yang efek terburuknya keyboard tak bisa dipakai untuk mengetik sama sekali.

Pada beberapa kasus, biasanya dengan melakukan restart, keyboard sudah bisa kembali berfungsi. Namun cara tersebut tidak selalu berhasil, berikut ini beberapa tips untuk mengatasi keypad laptop tidak berfungsi.

1. Bersihkan Debu dan Kotoran

Keyboard laptop bisa macet karena kondisinya sudah kotor dan berdebu. Kotoran dan debu yang menumpuk dan terselip di antara tombol keyboard bisa membuat keyboard jadi macet. Alhasil, keyboard tidak bisa menampilkan apapun ketika tombol ditekan.

Membersihkannya mudah, bisa dengan menggunakan kain halus atau pembersih khusus untuk keyboard berupa vacuum kecil atau sejenisnya. Jika keyboard tak berfungsi karena kemasukan air, maka bagian dalamnya harus dibersihkan. Caranya dengan melepas tombol keyboard, kemudian bersihkan papan sirkuitnya dengan kain halus yang sudah diberi sedikit alkohol.

2. Periksa Tombol Num Lock

Keyboard kadang tidak berfungsi dengan baik karena tidak sengaja tertekan tombol tertentu. Misalnya, tak sengaja mengaktifkan Numlock, efeknya adalah karakter yang keluar bisa berbeda dengan tombol yang ditekan.

Untuk memastikannya, tekan tombol Fn + NumLock di keyboard secara bersamaan. Kombinasi tombol tersebut bisa berbeda pada beberapa jenis laptop. Sebagai pencegahan, sebaiknya hati-hati saat mengkombinasikan tombol Ctrl, Alt, Fn dan Shift.

3. Periksa Konektor

Konektor keypad bisa saja longgar, tertekuk ataupun terlepas. Untuk mengatasinya, bukalah papan keyboard untuk menghubungkan kembali konektor tersebut. Di internet ada banyak tutorial yang menjelaskan cara membuka keyboard tersebut. Namun jika tak berani atau tidak mengerti, maka jangan nekat melakukannya agar tak terjadi kerusakan yang tambah parah.

4. Cek Driver Keyboard

Driver keyboard bisa rusak karena sudah tidak sinkron dengan keyboard. Hal ini bisa disebabkan karena adanya pengaturan tertentu yang diubah dan berimbas pada keyboard. Bisa juga karena efek dari menginstal software pihak ketiga maupun terkena virus.

Untuk mengecek lebih lanjut, bukalah Device Manager kemudian lihat bagian keyboard. Agar laptop bisa berfungsi kembali, silahkan update driver keyboard lewat Device Manager tersebut.

5. Lakukan Restore Windows

Laptop bisa jadi berubah kinerjanya karena terjadi kesalahan saat melakukan pengaturan atau setelah menginstal suatu program. Jika cukup yakin itu penyebabnya, cobalah untuk melakukan System Restore atau Restore Windows.

Tujuannya untuk mengembalikan pengaturan yang digunakan di waktu tertentu, sehingga pengaturan Windows bisa kembali. Pada Windows 7 dan 8, buka Start Menu, kemudian cari menu Recovery.

6. Gunakan Keyboard Lain

Jika masih saja tidak berfungsi, bisa dengan mengganti keyboard bawaan laptop tersebut. Cara ini seharusnya bisa jadi solusi terbaik untuk permasalahan tombol keyboard yang tidak bekerja dengan baik. Namun, mengganti keyboard bukan perkara yang mudah bagi sebagian orang, entah karena biaya atau alasan lain.

Sebagai pengganti keyboard bawaan, bisa juga dengan menggunakan keyboard USB atau wireless. Keyboard eksternal seperti ini dapat dipakai dengan mudah, hanya tinggal menghubungkannya ke port USB. Sedangkan keyboard wireless menggunakan jaringan bluetooth.

Baca juga : Cara mengatasi laptop hitam !

Bagaimana jika sedang butuh keyboard tapi belum sempat beli keyboard pengganti? Alternatifnya bisa menggunakan on-screen keyboard. Untuk memakainya, buka Start, lalu search on-screen keyboard. Fungsinya seperti keyboard biasa, namun dioperasikan dengan touchpad atau mouse. Mungkin merepotkan kalau belum terbiasa, namun fitur ini bisa sangat berguna dalam kondisi mendesak.

Itulah ulasan mengenai keypad laptop tidak berfungsi dan bagaimana mengatasinya. Setelah membaca ulasan di atas, kira-kira cara mana yang paling efektif untuk memperbaiki keypad laptop?

Baca Juga

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *