Cara Mengatasi Layar Laptop Hitam Tanpa ke Toko Service - Bangslem.id
Cara Mengatasi Layar Laptop Hitam Tanpa ke Toko Service

Cara Mengatasi Layar Laptop Hitam Tanpa ke Toko Service

Gangguan pada laptop yang tiba-tiba layar hitam atau bisa disebut black screen akan sangat menjengkelkan, namun pengguna tidak perlu bingung karena ada cara mengatasi layar laptop hitam tanpa harus susah payah memperbaikinya. Gangguan ini akan datang ketika pengguna sedang melakukan aktivitas belajar maupun bekerja tentunya hal ini sangat menghambat pekerjaan.

Black screen dapat terjadi pada siapa saja tanpa memandang laptop apapun. Namun tahukah jika layar black screen bisa terjadi karena adanya faktor tertentu, maka dari itu perlu diketahui seputar cara mengatasi permasalahan tersebut agar pengguna tidak perlu panik dalam menghadapi hal seperti ini.

1. Coba Menggunakan Safe Mode

Kali pertama menggunakan safe mode ini adalah cara mengatasi layar laptop hitam dengan mudah, tujuan dari masuk ke safe mode ini untuk memperbaiki windows yang error yang sulit untuk menampilkan layar akibatnya layar laptop dapat hitam atau black screen.

Untuk itu pertama menyalakan laptop terlebih dahulu jika laptop sudah menyala kemudian tekan tombol F8 yang ada pada keyboard laptop. Kemudian pilih dan masuk ke Safe Mode dan tekan enter. Setelah itu buka buka Device Manager dan klik kanan mouse pilih uninstall pada Driver VGA.

2. Mengatasi dengan Cara Install Ulang Windows

Adapun cara yang mudah selain menggunakan metode safe mode yaitu melakukan instalasi ulang windows dengan ini dapat memperbaiki software pada laptop. Ketikan instal ulang windows dianjurkan untuk membackup data yang dirasa penting karena ada kemungkinan ketika instal windows data yang kita miliki akan hilang.

3. Periksa RAM Laptop

Periksa RAM Laptop dengan melepas dari tempatnya secara hati-hati, setelah dikeluarkan dari tempatnya bersihkan kuningan dengan penghapus atau bahan yang steril dan dipastikan bahan tersebut tidak dapat merusak ram. Setelah dirasa bersih pasang kembali ke tempat yang lainnya pastikan RAM terkunci dengan benar.

Namun, jika kondisi laptop masih belum membaik coba untuk mengganti pada RAM yang baru dengan spesifikasi yang sama. Solusinya dapat menggunakan RAM laptop yang lainnya atau dapat meminjam RAM milik orang lain.

4. Gunakan Setting BIOS ke Default

Dengan mengatur BIOS ke default ini dapat membantu sistem operasi beserta aplikasi dalam melakukan proses pengaturan perangkat keras , juga dengan pengaturan akan membantu supaya diberitahukan bahwa pengaturan yang salah akan dapat dikembalikan seperti semula. Cara mengatasi layar laptop hitam sangatlah mudah dengan mengikuti cara sebagai berikut :

Pertama yang harus dilakukan adalah menyalakan laptop, setelah perangkat menyala tekan tombol F2, F8, ataupun Del. Jika sudah ditampilkan oleh layar BIOS buka menu Exit, kemudian klik Load Defaults setelah itu pengguna dapat melakukan konfirmasi dengan klik Ok. Kemudian yang terakhir adalah Save Changes and Exit. Cara ini berpengaruh dengan syarat dapat masuk ke BIOS.

5. Cek Laptop Melalui Hardware Berbeda

Sambungkan laptop ke monitor menggunakan kabel VGA, DVI atau HDMI, kemudian tekan tombol FN +F1 sampai F12. Setelah itu temukan logo untuk mengganti mode ke layar eksternal. Jika muncul gambar ada kemungkinan LCD laptop sedang bermasalah dan harus diganti dengan yang baru. Namun, jika tidak muncul maka bisa jadi yang rusak adalah VGA laptop.

Baca juga : Cara memperbesar layar laptop!

Demikian cara mengatasi layar laptop hitam dengan berbagai macam cara yang dapat dicoba. Namun, jika sudah melakukan percobaan tapi masih tetap gagal mintalah bantuanlah kepada orang lain untuk memperbaiki laptop agar dapat kembali ke kondisi semula.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *