Usaha Budidaya Anggrek Yang Paling Mudah Untuk Dicoba

Usaha Budidaya Anggrek Yang Paling Mudah Untuk Dicoba

Anggrek merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak diminati khususnya bagi mereka para pecinta tanaman hias. Namun, untuk budidaya anggrek sebenarnya tidak dikhususnya untuk mereka yang hobi tanaman hias saja. Di era seperti sekarang, anggrek bisa dibudidayakan untuk menjadi peluang usaha yang menjanjikan keuntungan besar.

Anggrek banyak digunakan sebagai hiasan di luar rumah atau bahkan di dalam rumah. Tanaman yang satu ini memang terbilang sangat istimewa sekali sehingga banyak orang yang membudidayakan tanaman hias yang sangat cantik ini. Nilai jual dari tanaman anggrek juga terbilang sangat ekonomis sekali.

Cara Budidaya Anggrek Yang Bisa Dipraktikkan Dengan Mudah

Dalam budidaya anggrek, kesabaran yang ekstra sangat dibutuhkan. Nah, bagi Anda yang tertarik dengan peluang usaha yang satu ini, berikut ada beberapa langkah budidaya tanaman hias anggrek yang bisa dilakukan.

  1. Tahap pertama adalah membeli bibit anggrek. Bibit ini biasanya dijual 17.500 rupiah untuk 10 bibit yang umurnya 3-5 bulan. Jika Anda ingin proses penanaman yang lebih singkat, pilihlah bibit berumur 1 tahun yang hanya membutuhkan waktu tanam 3 bulan. Setelah itu pindahkan ke pot kecil. 3 bulan selanjutnya pindahkan lagi ke pot yang berukuran lebih besar.
  2. Bibit anggrek yang sudah berkembang kemudian dipindahkan ke media tanamnya. Anggrek jenis Epiphyt, bibit yang telah berkembang kemudian dipindahkan ke batang pohon yang rindang dan mendapatkan sinar matahari yang cukup.
  3. Untuk jenis anggrek Terrestris, pindahkan ke pot yang lebih besar sebaiknya terbuat dari tanah liat yang dilubangi di bagian bawahnya untuk membantu proses drainase.
  4. Media tanaman anggrek yang bisa digunakan berupa campuran beberapa komponen seperti pecahan batu bata atau genteng, serutan potongan kayu, sabut kelapa, arang kayu, atau barang pakis.
  5. Dalam budidaya anggrek, penyiraman harus dilakukan 2 kali sehari dengan air bersih. Menjelang musim penghujan tiba, anggrek harus dipindahkan ke tempat yang memiliki atap.
  6. Jika ingin menggunakan pupuk untuk mendukung pertumbuhan anggrek dengan baik, silahkan datangi toko tempat membeli bibit anggrek agar dipilihkan jenis pupuk yang cocok.
  7. Setelah merawatnya dengan baik, tanaman anggrek akan menjadi dewasa dan berbunga lebat. Budidaya anggrek bisa mulai ditanam mulai dari 1 tahun sampai 6 tahun.

Baca juga : Budidaya burung puyuh

Langkah langkah dan tahapan untuk budidaya tanaman anggrek ini tentu saja tidak begitu rumit. Bahkan dalam hal ini perawatan tanaman anggrek sangat mudah untuk kamu lakukan. Media tanamnya juga sangat mudah untuk kamu buat dan sediakan saja pot untuk budidayanya. Dengan begitu maka anggrek bisa berkembang dengan baik dan menghasilkan tanaman yang sangat cantik.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *