Solusi Untuk Pemula! Cara Mudah Budidaya Lebah Madu

Solusi Untuk Pemula! Cara Mudah Budidaya Lebah Madu

Lebah madu adalah jenis hewan yang diklaim membawa banyak manfaat terutama untuk mengobati berbagai macam penyakit. Madu yang bisa Anda nikmati saat ini berasal dari sarang lebah tempat berkembang biak koloni lebah madu. Jika tidak ingin membeli, Anda bisa budidaya lebah madu sendiri dengan cara berikut ini.

Cara Mudah Budidaya Lebah Madu Untuk Pemula

Budidaya lebah madu ternyata tidak sesulit seperti yang dipikirkan. Langkah dan tata caranya sangat mudah. Yang penting persiapan untuk sarang harus benar benar bagus dan nyaman. Ada beberapa cara yang harus Anda lakukan dalam hal ini, diantaranya :

1. Pembuatan Rumah Lebah

Buatlah rumah yang sederhana terlebih dahulu. Jika perkembangan koloni lebahnya semakin banyak dan muncul lebah ratu yang baru, barulah Anda bisa mempersiapkan rumah dengan bentuk yang lebih sempurna dan besar.

2. Siapkan Sarang Lebah Madu

Setelah pembuatan rumah atau kandangnya siap digunakan, letakkan 2-3 baris sisir kayu dengan jaring kawat di dalamnya. Letakkan di dalam rumah tersebut, jangan lupa untuk melapisinya dengan royal jelly. Tujuannya agar ratu lebah dan lebah lainnya nyaman tinggal di dalam rumah tersebut.

4. Pemilihan Bibit Unggul Lebah Madu

Salah satu jenis lebah madu yang mampu menghasilkan madu yang banyak yaitu lebah jenis mellifera atau cerana. Siapkan ratu lebah yang disimpan di bingkai yang telah Anda siapkan sebelumnya. Nantinya secara otomatis lebah pekerja dan pejantan akan mengikuti dan mengerumuni bingkai yang berisi ratu lebah tersebut.

Setelah 2 hari sarang lebah akan mulai terbentuk sel-selnya. Silahkan lepaskan ratu lebah dari dalam bingkai tersebut agar pembuatan sarangnya lebih besar dan luas di dalam rumah tersebut. Jangan lupa untuk menambahkan royal jelly yaitu cairan seperti madu.

5. Perawatan Rumah Lebah

Perawatan ini dilakukan untuk mengusahakan agar tempat menaruh lebah terbebas dari semut. Jika rumahnya menggunakan model Kenya, di kaki rumah pastikan Anda memberi air agar semut tidak naik ke rumah lebah.

Baca juga : Solusi Budidaya udang dengan lahan sempit!

Saat ingin memindahkan kandang lebah, lakukan pada malam hari karena lebah tidak akan agresif dan tidak cukup aktif. Jika ada lebah yang sakit, pisahkan dari koloni lebah karena bisa menularkan ke lebah yang lain. Pemberian makanan dalam proses budidaya lebah adalah gula bercampur air yang disimpan di dekat sarang lebah.

Baca juga : Budidaya ikan lele!

Sebenarnya untuk budidaya lebah ini terbilang sangat simpel. Mengapa demikian? Tentu saja karena tidak memerlukan perawatan untuk lebah seperti halnya jenis hewan lain yang dibudidayakan. Yang penting bisa menciptakan suasana sarang lebah yang nyaman dan alami seperti di habitatnya sehingga hal ini akan membuat lebah bisa menghasilkan madu.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *