Microsleep, Bahaya gak sih buat kita? - Bangslem.id
Microsleep, Bahaya gak sih buat kita?

Microsleep, Bahaya gak sih buat kita?

sering mengalami tiba Рtiba tertidur cepat, seperti ketika kita mengendarai mobil atau motor. Kemudian tidak terasa mobil berpindah  ke tengah atau terlalu pinggir. Atau juga begadang yang berlebihan didepan komputer kemudian mengalami imajinasi yang terlalu tinggi dan itu hanya sebentar. Sadar dengan kaget, namun badan terasa segar kembali dan tidak merasa ngantuk lagi. Jika demikian, kamu mengalami microsleep. yuk cari tahu lebih dalam, agar kita tetap sayang sama tubuh kita sendiri.

capek

  • Peristiwa ini sering terjadi di sekitar kita, memaksakan tubuh tetap bekerja walau tubuh sudah saatnya untuk beristirahat. Yang dapat menyebabkan fatal bagi diri kita sendiri seperti kecelakaann di jalan raya, halusinasi terlalu tinggi, bahkan menjadi bodoh karena otak bekerja tidak semestinya.

wah perlu diperhatikan nih, buat kamu yang tidak sayang sama badan sendiri!

Apa itu Microsleep

Perlu kamu ketahui, Microsleep adalah keadaan dimana tubuh kita melakukan tidur singkat, dari 5 detik hingga 2 menit dan terbangun karena tersentak atau kaget. Memaksakan badan untuk bekerja lebih ekstra, tanpa memikirkan istirahat. biasanya ini terjadi pada pekerja shift malam, pekerja lembur, terlalu lama didepan komputer. Akan membekas pada kantung mata yang menghitam seperti yang banyak orang bilang adalah mata panda.

Terjadi saat berkendara yang sering kita temui ini, sedang enak – enaknya berkendara. Kemudian mengalami ngantuk berat, tanpa terasa badan telah tertidur. Mobil atau motor tiba – tiba berpindah posisi ke tengah jalan atau kepinggir jalan. Bangun dengan kaget atau tersentak dan mengulangiya lagi. Jika ini dipaksakan akan mengalami kecelakaan. bahaya bagi kita karena nyawa taruhannya. Jagalah Kesehatan.

Mengapa ini bisa Terjadi pada kita?

kalau menanyakan mengapa terjadi, balik lagi ke diri kita sendiri. mengapa memaksakan tubuh untuk melakukan kerja ekstra tanpa memanjakan tubuh untuk beristirahat cukup. Ambil contoh saja pekerja pabrik yang mendapatkan shift malam. Yang bekerja dimulai dari jam 8 malam hingga jam 3 pagi misalnya. Dari pabrik memberikan rengang waktu atau jadwal yang berubah – ubah misal hari ini jadwal shift siang, besok shit pagi, besoknya lagi shift malam. Renggang waktu ini diperuntukan untuk istirahat, bukan untuk main atau memanjakan badan jalan – jalan ke puncak. Jika ini terjadi, akan mengakibatkan kecelakaan kerja.

contoh lagi yah, pekerja yang ditempatkan jauh dari rumahnya dan ditempuh bolak balik dari rumah ke kantornya. Atau 30 menit dari rumah ke kantor, memang saat berangkat badan terasa segar. Ketika menginjak waktu siang, kadang merasakan ngantuk berat, dipaksakan hingga menjelang pulang. Kemudian diperjalanan pulang akan terasa lelah dan ngantuk. ketika ini terjadi cepatlah menepi atau beli minuman dan duduk sejenak.

Pada saat mudik yang sering kita alamai, bahkan 70% yang mengalami kecelakaan saat mudik terjadi karena microsleep ini.

Efek yang terjadi jika keadaan ini terus dilakukan

Yang terjadi adalah lemahnya kinerja otak kita karena kurang istirahat. jika terus menerus kejadian ini dilakukan oleh kita akan berampak pada tubuh kita seperti selalu merasa capek, pegal – pegal dan sebagainya. Halusinasi yang berlebihan, saat ngantuk berat kita sering berhalusinasi berlebihan. Daya ingat kita menurun, sehingga sering lupa apa yang akan dilakukan setelahnya. menjadi bodoh. aduhh jangan deh, materi gak di bawa mati kok, sayangi badan sendiri, bekerja sesuai kemampuan badan kita.

Aku juga pernah merasakan hal seperti ini, terjadi ketika pulang dini hari. 30 menit yang dibutuhkan untuk sampai rumah. Setengah perjalanan memang tidak terasa ngantuk, tapi lama kelamaan, 15 menit lafi sampai rumah tiba – tiba badan mengalami microsleep. Tidak terasa motor sampai ketengah dan jalan seperti lika liku. Pernah juga mengalami dalam keadaan microsleep ini, aku merasa lampu merah sudah dekat. padahal masih 100 meter lagi baru berhenti. tapi apa?. aku berenti dijarak 100m sebelum lampu merah. Tiba – tiba tersadar dan jalan lagi hingga lampu merah, untung sepi.

Hal apa yang harus dilakukan jika ini terjadi

hal penting yang perlu kamu lakukan adalah dengan menepi, kemudian keluar dari mobil atau turun dari motor untuk menyegarkan kembali badan kita, lalu minum air putih yah, eh bukan tapi air mineral. jangan minum minuman berenergi, banyak efek samping jika kira meminum minuman berenergi. Banyaklah minum air mineral, atau dengan berkumur saja akan memancing energi dalam tubuh kita menjadi pulih. Seperti pesepak bola yang sedang bermain, mengalami lelah, kemudian berkumur saja untuk mengembalikan stamina.

Tips menghindari microsleep

Kamu harus menghindari peristiwa ini dalam hidup kamu. Jika ingin hidup kamu nyaman.

1. Istirahat yang cukup

Sangat penting sekali, istirahat untuk memulihkan lagi badan kita agar lebih berenergi. istirahatlah yang cukup.

2. Berolahraga

Lakukan olahraga rutin di pagi hari, untuk menjaga kebugaran badan agar tetap konsentrasi. Olahraga sangat berperan penting dalam kesehatan tubuh kita. Selain menjadikan kita lebih fokus saat bekerja, juga akan merefresh otak untuk menemukan ide – ide cemerlang.

3. Air mineral yang cukup

Minumlah air mineral yang cukup sesuai kebutuhan badan kita setiap hari. bagaimana cara mengecek kalau kita sudah cukup minum air mineral setiap hari?. caranya dengan melihat air kencing kita sendiri, bagaimana dengan warnanya, kuning pekat kah? kuning? atau bening?. Nah, cek hingga warna air kencing kita menjadi bening. Ini menandakan kalau kita tercukupi di air mineralnya untuk tubuh kita. kemanapun lebih baik bawa air mineral yah teman – teman.

Baca juga : Investasi yang aman dan untung banyak!

4. memberikan reward pada tubuh kita

Bukan cuma perusahaan aja yang ngasih reward ke kita. Kita juga harus memberikan reward pada tubuh kita sendiri dengan pijat tradisional atau spa agar kembali fresh tubuh kita. berikan asupan makanan 4 sehat lima sempurna setiap hari. Makan buah – buahan dan sayuran juga termasuk.

Baca juga : melakukan investasi sejak dini!

Demikian pengertian dari microsleep dan cara mengatasinya. semoga bermanfaat dan jaga kesehatan kita sendiri. Kita sendiri yang tahu kondisi badannya, kita yang tahu sehat atau kurang sehat badan sendiri. so sayangilah badan kita.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *