Membangun Personal Branding Bagi Pemula

Membangun Personal Branding Bagi Pemula

Personal Branding bisa disebut dengan ciri khas yang hanya dimiliki seseorang tersebut untuk memperkenalkan dirinya pada banyak orang. Sehingga ketika orang lain melihat kita, orang lain kenal kita bukan sekedar nama, melainkan dengan ciri khas kita sendiri. misalnya raditya dika adalah seorang penulis sekaligus stand up comedian yang menerbitkan tulisan berjudul kambing jantan. Ketika orang lain melihat raditya dika, yang akan terucap pertama kali adalah “itu kan yang nulis kambing jantan kan ya?”. Dari situlah personal branding terbentuk, ciri khas seseorang sudah dikenali oleh orang lain. Kemudian kita berpikir bagaimana membangun personal branding. Apa yang harus kita mulai untuk membentuk ciri khas seseorang agar dikenal banyak orang.

Awal membangun Personal Branding diri sendiri

Ada banyak cara untuk mendapatkan khas diri sendiri agar bisa dikenal oleh banyak orang hingga terkenal. Bisa dilakukan dengan apa yang kita sukai hingga kegiatan apa saja yang rutin bagi yang tidak dilakukan banyak orang. Misal dengan menyukai ikan hias, seperti ikan cupang, guppy atau ikan lainnya. kemudian memelihara atau berternak, sampai membuka toko ikan sendiri dengan yang dijual adalah kebanyakan ikan cupang. Yang orang lain kenal pada diri kamu itu adalah mas tukang cupang atau pecinta ikan. seperti itulah gambaran personal branding.

Untuk lebih jelasnya mengenai Personal branding dan bagaimana membangunnya dari awal kamu bisa melihat kelas online yang telah di adakan beberapa minggu lalu mengenai personal branding, materinya ada di channel youtubenya smartfren community. Pada channel tersebut setiap hari mengadakan kelas online yang bermanfaat bagi kita semua. Banyak materi yang dibahas disana, teman – teman juga bisa follow akun medsosnya smartfren community.

Kali ini kita bahas mengenai Personal Branding yang ada di youtubenya smartfren Community. yang di selenggarakan tanggal 7 September 2020, hostnya adalah om jojo paijo sebagai Leader Smartfren Community Cilacap dan pematerinya adalah Ibu Dora Rizki Erlina yang menemanimu cara membangun personal branding pada diri sendiri.

Pada video diatas, kita dapat mempelajari cara membentuk ciri khas diri kita sendiri agar orang lain mengenal dengan ciri khasnya.

mengenai pemateri dikelas online ini adalah ibu Dora Rizky Erlina, atau di kenal dengan mamaeh review (doraredre). Lulusan S1 Ilmu Komunikasi Universitas Brawijaya Malang tahun 2013-2016, juga sebagai Content editor at spice Indonesia tahun 2016-2018. Mamah review ini juga Owner Akusura kayu, Stay at home mom yang juga sebagai writer dan blogger. keren banget latar bekalangnya. kita bisa belajar banyak dari beliau ini, dengan penjelasan materinya yang mudah dipahami seperti aku ini, kita bisa belajar dengan mudah loh.

Personal Branding Menurut Mamah Review

Menurut mamah adalah Apa yang ingin kamu tampilkan/tunjukan ke orang lain atau apa yang orang fikirkan ketika melihat kamu/mendengarmu. itu pengertian menurut yang biasa di sapa mamah review, seperti yang sudah dijelaskan di awal, bahwa semua orang memiliki karakter dan khas masing-masing. Dari situlah bisa terbentuk persoal branding.

Kalau belum paham, aku kasih contoh lagi nih. temen – temen kenal Panji petualang bukan, siapa sih yang gak kenal panji. panji petualang terkenal dengan menjinakan semua ular, bahkan menjikan ular cobra sekaligus. terkenal dengan pecinta binatang. ada lagi galuh Cuisine, pecinta kura-kura dari tegal yang sudah terkenal dari konten youtubenya karena menyajkan cara memelihara kura-kura. Siapa lagi yang teman-teman kenal? david Gadget in. Youtuber yang menyajikan review smartphone baru atau yang baru launching. itu semua adalah personal branding yang disajikan oleh masing-masing orang dengan ciri khasnya.

Ciri khas seseorang adalah hal yang selalu di ingat oleh orang lain. salah satu mempermudah mengingat seseorang

Langkah Awal Memulai Personal Branding ala mamah review

  • Tentukan Target Audiens

Semakin Luas atau kurang spesifik akan semakin sulit untuk mengenal diri kamu. menentukan target audiens ini adalah penting, karena dengan menentukannya akan laku di pasar yang sudah tertuju. Audiens sangat penting sekali untuk mengangkat diri kamu agar lebih dikenal banyak orang. misalnya kamu suka yang namanya iguana, audiens kamu adalah pecinta atau penyuka iguana. Sajikan pengetahuan, tips dan trik atau kegiatan-kegiatan yang mengenai iguana. memberikan informasi terupdate tentang iguana. agar orang selalu menanti informasi dari kamu. dari situ mulailah orang mengenalmu.

  • Fokus satu Niche sesuai kemampuan

fokuslah pada personal branding, kamu tidak bisa menjadi dua tokoh dalam satu waktu. sudah dijelaskankan di point pertama. bahwa niche atau kategori yang kamu pilih akan mengerucut dan fokus di satu branding ini. Kalau kamu memperkenalkan ke semua orang dengan banyak yang kamu bisa, orang pasti bingung untuk memberikan julukan pada diri kamu.

  • Kuantitas membentuk Kualitas

kuantitas akan memberikan kebiasaan yang membangun kualitas. maksudnya adalah semua hal bisa kamu coba, apapun bisa kamu lakukan. Dari situlah kamu akan menemukan apa yang kamu sukai atau yang paling kamu nikmati dan nyaman pada diri kamu. ketika sudah menemukan, dari situlah kualitas akan terbentuk. Lakukan percobaan apapun yang kamu sukai. memang di proses ini agak lama untuk menentukannya. Tapi itu semua adalah proses membuat kualitas kamu.

  • Mentalis Belajar

Kamu harus terbuka dan mau keluar dari zona nyaman. Kritikan dan saran adalah asupan tambahan agar personal branding kamu makin berkualitas dan bagus. Harus mau menerima kritikan itu untuk dijadikan pelajaran ataupun membuat kamu menjadi lebih baik. Keluar zona nyaman juga perlu kamu lakukan agar mendapat kritikan dan masukan. Jika kamu masih nyaman di zona itu tandanya kamu tidak mau berkembang. Jadi keluarlah dan hadapi semua agar terbentuk lebih baik.

Tips Content Creator Bagi pemula Ala Mamah Review

Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk membangun personal branding. berikut ada 7 tips, baca, pahami, lakukan.

  1. Find Your Purpose. kamu harus mencari apa tujuanmu untuk membangun personal branding. karena tanpa tujuan tidak akan ada kata tercapai.
  2. Be your Self. Jangan membangun Ciri khas seperti orang lain atau menjiplak seperti orang lain. itu akan membuat kamu terkenal dengan tidak bagus. jadilah diri sendiri, khas senndiri agar orang lebih mengenal dirimu.
  3. Consistency and persistency. jangan merubah ciri khasmu, itu membuat orang perlahan melupakan ciri khas yang sudah kamu buat. konsisten adalah aturan agar tujuan itu tercapai pada diri kamu.
  4. Have a contenpillar. kamu harus punya pondasi yang kuat untuk kontenmu, sehingga jika ada audiens menanyakan mengenai ciri khas itu kamu sudah memiliki jawaban yang kuat.
  5. Riset. Diperlukan riset agar menjadi berkembang lebih baik. kritik dan saran adalah bumbu agar audiens lebih menikmati dan kenal lebih dekat dengan dirimu.
  6. Keep Going. jalani terus dengan konsisten agar orang tidak akan cepat bosan mendengar namamu. tetap semangat tentunya. jangan lupa berdoa.

Demikian cara membangun personal branding. bisa kamu tonton di youtube Channelnya smartfren community. Tidak hanya itu saja, Smartfren Community juga banyak menyajikan kelas online yang bisa kamu tonton. Ikuti akun media sosialnya Smartfren community dari instagram, facebook, youtube ataupun twitter.

Baca juga : Kuota Nonstop Anti Putus Nyambung Terus

Untuk Informasi produk terbaru dari smartfren bisa kunjungi website resminya. atau dengan download aplikasi mysmartfren. Temukan produk terbaru dari smartfen, anti putus nyambung terus.

 

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *