Kiat Sukses Budidaya Ikan Koi Dengan Baik Dan Benar

Kiat Sukses Budidaya Ikan Koi Dengan Baik Dan Benar

Ikan koi adalah jenis ikan mas yang dihasilkan dari perkawinan silang berbagai ikan mas. Meskipun ikan koi ini khususnya yang lokal kualitasnya masih dipandang sebelah mata, perkembangannya terus mengalami peningkatan. Apalagi saat ini banyak budidaya ikan koi di daerah Blitar, Jawa Timur.

Langkah-Langkah Budidaya Ikan Koi Yang Baik Dan Benar

Jika dilakukan dengan panduan yang baik dan benar, budidaya ikan koi sudah pasti membawa banyak keuntungan. Beberapa langkah budidaya ikan koi yang baik dan benar yang bisa Anda lakukan diantaranya :

  1. Memilih indukan yang bagus agar menghasilkan keturunan yang bagus juga. Calon indukan yang bagus harus memiliki ciri-ciri :
  • Umur ikannya harus lebih dari 2 tahun karena di usia tersebut ikannya sudah matang
  • Mempunyai jenis yang sama dan mendekati misalnya kohaku dengan kohaku
  • Memiliki bentuk tubuh yang ideal. Tubuh ideal ikan koi jika dilihat dari atas tampak seperti torpedo
  • Gaya berenang seimbang dan tenang
  • Warna cemerlang dan kontras
  • Sehat, ditandai dengan gerakan gesit dan tidak banyak diam di dasar kolam
  • Indukan jantan dan betina sudah matang gonad
  1. Pemeliharaan indukan ikan dilakukan di sebuah kolam khusus setidaknya dengan kedalaman 150 cm. Semakin dalam semakin baik kolamnya. Pastikan indukan jantan dan betina dipelihara di kolam yang berbeda agar nantinya saat dipijahkan indukan tidak mengalami pemberokan lagi.
  2. Pakan yang diberikan dalam budidaya ikan koi adalah pelet berukuran 8 mm. Asumsinya ikan koi yang umurnya lebih dari 2 tahun sudah memiliki ukuran minimal 60 cm. Frekuensi pemberian pakan dilakukan 2-4 kali sehari.
  3. Tempat pemijahan ikan koi bisa dibuat dari semen yang permukaannya diplester. Tujuannya untuk menjaga sisik ikan dari kerusakan karena gesekan saat proses pemijahan. Kolam harus mempunyai saluran masuk dan keluar yang dipasang saringan halus agar tidak ada hama pengganggu yang masuk ke dalam kolam.
  4. Masukkan ikan koi betina terlebih dahulu. Proses pemijahan biasanya berlangsung malam hari sekitar pukul 11 malam sampai dini hari. Setelah 2 jam atau 3 jam baru masukkan indukan jantan.
  5. Penetasan larva terjadi pada keadaan normal di suhu sekitar 27-30 derajat celcius. Telur akan menetas dalam waktu 48 jam. Setelah menetas, telur ini bisa diangkat.
  6. Pendederan dilakukan di kolam untuk memelihara ikan koi sampai umur 3 bulan.
  7. Terakhir, penyortiran ikan yang dilakukan untuk menentukan tingkat harga. Ikan berkualitas tinggi tentu harganya akan lebih tinggi. Penyortiran bisa dilakukan sejak ikan berumur 1 bulan.

Baca juga : Budidaya jangkrik yang benar dan untung banyak!

Demikian beberapa langkah dan tahapan untuk melakukan budidaya ikan koi yang sangat mudah untuk dilakukan!

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *