Kenali Ciri-Ciri Investasi Bodong Yang Semakin Marak Saat Ini - Bangslem.id
Kenali Ciri-Ciri Investasi Bodong Yang Semakin Marak Saat Ini

Kenali Ciri-Ciri Investasi Bodong Yang Semakin Marak Saat Ini

Belakangan ini investasi tengah menjadi salah satu kegiatan yang difavoritkan masyakarat, tidak terkecuali di kalangan anak muda. Dengan berinvestasi mereka bisa merencanakan masa depannya menjadi lebih baik lagi. Namun sayangnya, trend investasi kerap dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab sehingga sangat marak investasi bodong saat ini.

investasi yang salah

Ciri-Ciri Investasi Bodong Yang Perlu Diketahui

Oknum yang tidak bertanggung jawab begitu agresif menawarkan investasi bodong. Investasi seperti ini bisa dikatakan dimana objek yang ditawarkan tidak ada dan tidak bernilai. Tindakan ini tentunya sangat merugikan konsumen dan perlu dihindari sebaik mungkin. Beberapa ciri-ciri investasi bodong yang perlu diketahui, yaitu :

1. Badan Hukum Tidak Jelas

Tidak jelasnya badan hukum yang menaungi suatu investasi menjadi ciri utama investasi tersebut bodong. Sebagai patokannya, badan hukum yang menaungi kegiatan finansial adalah Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi sebelum kamu tertarik untuk berinvestasi di suatu perusahaan ataupun perorangan, pastikan terlebih dahulu keanggotaannya di OJK. Apabila memang tidak terdaftar, sebaiknya pilihlah perusahaan yang lain karena potensi penipuannya sangat tinggi dan perlu dihindari.

2. Penawaran Keuntungan Tidak Masuk Akal

Investasi ini akan memberikan penawaran keuntungan yang tidak masuk akal. Pada investasi yang sebenarnya memang betul uang yang kamu setorkan diputar di sektor lain sehingga menghasilkan keuntungan lebih. Akan tetapi, jika penawarannya terlalu berlebihan ini termasuk ciri investasi bodong.

3. Prinsip Investasi Yang Salah

Dalam berinvestasi, prinsip yang sering dipegang adalah risiko tinggi. Presentasi risikonya akan sejalan dengan keuntungan yang ditawarkan. Bagi investasi yang salah ini, prinsip ini dilanggar dimana mereka lebih menawarkan keuntungan yang tinggi namun risikonya sangat minim sehingga menimbulkan korban banyak yang tergiur.

4. Tidak Ada Transparansi Pengelolaan Dana

Sebuah lembaga investasi yang jelas tentu akan memberikan skema pengelolaan dana pada konsumen, termasuk diberi tahu kemana uang yang kamu tanam ini akan dialirkan, selanjutnya untuk potensi keuntungan yang dihasilkan seperti apa, dan pembagian presentase investasi.

Baca juga :  Investasi aman dan banyak untungnya!

Semua hal tersebut dijelaskan dengan sangat lengkap. Jika kamu menemukan perusahaan yang tidak bisa memberikan manfaat selama berinvestasi, sebaiknya batalkan niat investasi tersebut. Karena kondisi ini termasuk salah satu ciri investasi bodong.

Baca juga : Asuransi kesehatan yang tepat!

Perlu waspada dengan tawaran dari investasi abal abala atau bodong. Jika ada tawaran investasi yang belum jelas maka sebaiknya jangan langsung tergiur dengan bonus bonus. Harus bisa memastikan terlebih dahulu riwayatnya dan hal lain sebagainya. Jangan sampai investasi menjadi salah satu aspek yang akan sangat merugikan sekali nantinya. Lakukan semuanya dengan baik agar kamu tidak akan alami kerugian. Pastikan investasi yang dijalani adalah investasi yang bisa benar benar membawa keuntungan.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *