Internet Marketing, Perkembangannya Semakin Pesat

Internet Marketing, Perkembangannya Semakin Pesat

Di kalangan masyarakat umum, istilah internet marketing belum begitu terkenal. Berbeda dengan di kalangan pebisnis atau kalangan ahli IT yang mana internet marketing ini cukup trending. Seperti yang bisa kita rasakan sekarang, dunia internet marketing di Indonesia sudah mengalami perkembangan yang cukup pesat berkat dukungan teknologi telekomunikasi.

Perkembangan internet marketingPerkembangan teknologi yang semakin pesat kini memberikan banyak keuntungan untuk berbagai aspek. Bahkan untuk melakukan sebuah promosi atau pemasaran kini bisa dilakukan secara online dengan menggunakan Internet. Pemasaran melalui internet atau internet marketing merupakan saah satu metode pemasaran yang terbilang sangat efektif.

Pemasaran Online melalui Internet

Berdasarkan pengertian sederhananya, internet marketing merupakan segala upaya yang dilakukan untuk memasarkan suatu produk jasa melalui media elektronik atau internet. Sedangkan menurut pengertian umumnya, internet marketing berhubungan promosi, branding, dan pembinaan komunikasi dengan customer yang semua kegiatannya dilakukan secara online.

Kamu tahu kan apa itu Internet marketing?

Dengan pemasaran melalui internet atau pemasaran online tentu akan memberikan banyak manfaat. Bahkan hal ini akan mengoptimalkan hasil untuk sebuah pemasaran yang akan lebih efektif dan lebih memuaskan. Penggunaan internet dan metode pemasaran internet sudah pasti memberikan banyak keuntungan dan keunggulan.

Tahapan Perkembangan Internet Marketing Di Indonesia

Semenjak munculnya jaringan internet yang memungkinkan hampir seluruh kalangan masyarakat dapat mengakses internet dengan cepat, dunia pemasaran pun seakan-akan mengikuti perkembangan tersebut. Dari marketing yang awalnya dilakukan secara konvensional kini bisa dilakukan secara online. Berikut ini beberapa tahapan perkembangan internet marketing di Indonesia.

 1. Melalui email

Pada tahapan awalnya, pemasaran ini masih menggunakan email sebagai sarana promosi yang terbatas dan semi digital. Tiap-tiap perusahaan melalui staf pemasarannya akan keliling mengenalkan produk yang dijual. Untuk tambahan informasinya akan dikirimkan secara lengkap melalui email.

 2. Via website

Seiring dengan bermunculannya produk smartphone, pemasaran ini selangkah lebih maju dan masuk ke fase perkembangan tahap 2 yaitu proses pemasaran yang dilakukan melalui website. Website tersebut masih milik perorangan dari tiap perusahaan.

 3. Melalui media sosial

Saat ini, dunia pemasaran di internet mulai merambah ke media sosial. Begitu banyaknya interaksi yang ada di media sosial menjadi pengaruh besar dalam target pemasaran. Karena hal tersebut tidaklah heran jika kebanyakan produsen produk apapun sudah memiliki jaringan pemasaran onlinenya lewat sosial media.

3. Melalui e-commerce

Pemasaran yang dilakukan di media sosial ternyata tidak cukup membuat para pebisnis puas untuk melakukan pemasaran produknya, sehingga dunia pemasaran pun mengalami perubahan yang lebih pesat lagi. Hal ini terbukti dengan adanya penggunaan e-commerce sebagai sarana pemasaran.

4. Melalui blog

Meskipun memasarkan di internet dikatakan menjadi cara pemasaran yang paling menjanjikan dan menyukseskan para pengusaha, tahap perkembangan ini ternyata masih memiliki kekurangan tersendiri. Kekurangannya tidak semua bidang bisnis mampu menjajal kesuksesannya dengan metode tersebut.

Baca Juga : Cara memulai Bisnis online bagi Pemula

Nah, untuk mengatasi hal tersebut muncullah metode pemasaran melalui blog. Metode pemasaran seperti ini dilakukan dengan tujuan agar produk para pebisnis bisa terbranding di papan atas search engine.

Baca Juga : Usaha Percetakan sangat menjanjikan loh!

Pada dasarnya memasarkan dan membuat branding produk melalui pemasaran di internet ini susah-susah gampang. Sehingga jika Anda tertarik di dalamnya harus benar-benar berlatih dan banyak mempelajari hal-hal yang memang berkaitan dengan internet marketing.  Metode pemasaran dan teknik pemasaran menggunakan internet harus dijalankan secara efektif untuk hasil yang optimal.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *