CCTV Online, kini menjadi kebutuan primer

CCTV Online, kini menjadi kebutuan primer

Kejahatan ada dimana – mana, kapanpun orang bisa melakukannya oleh bujukan setan. Seperti halnya orang mer4mp0k rumah yang sepi karena sudah tahu bahwa penghuninya sedang berpergian jauh. Biasanya Per4mp0kan dilakukan setelah survey rumah yang menjadi target bagi para perampok. Setelah penghuni pergi barulah p3ramp0k beraksi membawa kabur barang – barang berharga di rumah tersebut. Penghuni pulang melihat perabotan di rumahnya yang berantakan langsung teriak dan histeris karena semua barang berharganya telah lenyap. Namun itu semua bisa digagalkan dengan anda memasang CCTV di rumah dan di hubungkan ke internet sehingga CCTV dirumah anda menjadi CCTV Online yang bisa di buka di smartphone anda. Dengan jarak jauh atau anda yang sedang berpergian bisa memantau secara online di smartphone anda secara live atau realtime. tidak usah khawatir jika rumah anda kemalingan. CCTV sebagai bukti jika memang terjadi perampokan dan tertangkap oleh kamera CCTV dengan jelas. Ini menjadikan CCTV sebagai kebutuhan primer.

cctv onlineDengan memantau jarak jauh anda tidak lagi khawatir akan keamanan rumah anda. jika itu terjadi masih ada rekaman video saat kejadian berlangsung pada harddisk yang ada di DVR.  ketika online pun pada smartphone yang sudah terinstall aplikasi pemantau CCTV bisa memutar rekaman yang telah tersimpan di DVR.

Saya ingin pasang CCTV dirumah, namun saya bingung mana yang lebih bagus dan jernih untuk CCTV dirumah

Tips memilih CCTV Online yang cocok untuk Rumahan

Sebelum memilih ada baiknya mengecek semua merk CCTV dari mulai yang rendah hingga yang berkualitas. banyak di pasaran yang menjual dengan sangat murah namun setelah dipasang hasilnya sangat mengecewakan, kualitas gambar kurang jelas dipandang dan jika ada kehilangan gambar samar – samar sukar di amati. Sebelum mengecek perlu diperhatikan juga sebelum membeli CCTV.

1. Kualitas Gambar Pada Kamera

Harus dicek bagaimana kualitas gambar pada kamera yang akan dibeli. Apakah kualitas bagus atau rendah. jika itu kualitas rendah sebaiknya pikir – pikir lagi untuk pemasangan CCTV di rumah. Jangan tergiur murahnya tapi kualitas gambarnya yang sangat penting. Kenapa? untuk mendeteksi atau mengamati jika ada kejadian kehilangan atau perampokan di rumah. Jadi ketika kita mengetahui adanya perampokan atau kehilangan di rumah, tinggal kita buka DVRnya saja dan mengecek hasil rekamannya. tentu dengan kualitas gambar yang bagus dan jernih akan mempermudah mengamati pelaku perampokan atau barang yang hilang. Jika menggunakan kualitas gambar ini akan memakan memori yang cukup besar. Namun untuk 5 tahun kedepan kamera CCTV dengan kualitas gambar yang bagus masih worth it atau masih bisa diandalkan.

Karena semakin bertambah tahun kualitas kamera semakin jernih juga, contohnya adalah sekarang. kamera CCTV sekarang sudah ada yang mencapai hingga 5 Megapixel, berbeda dengan dulu, dulu hanya kamera analog dengan asil gambar yang agak kontras sekali dan samar – samar pada perekamannya. sekarang sudah banyak pilihan mulai dari 1,5 Mp, 2 Mp bahkan hingga 5 Mp.

2.  DVR yang digunakan

DVR berperan penting pada CCTV, mengapa?. Karena pada DVR lah semua rekaman tersimpan. Jadi untuk penempatan DVR lebih baik ditempatkan yang aman dari perampok. jika perampok sudah mengetahui adanya CCTV akan segera mencari letak dimana DVR berada. Pada DVR ini perlu diperhatikan saat membeli, ada banyak pilihan DVR dari yang murah hingga sangat bagus.

Jika anda membeli yang tanpa merk terkenal, ini berpengaruh pada kualitas gambar, penyimpanan bahkan untuk online pun agak susah di konfigurasi. carilah DVR yang mampu menampung memori lebih banyak. agar nantinya bisa menambah harddisk untuk penyimpanan rekaman yang lebih lama. untuk mengonlinekannya pun sangat berpengaruh sekali. biasanya DVR yang tanpa merk ini menggunakan cloud untuk keperluan onlinenya. Ketika pertama membuka aplikasi onlinenya memerlukan waktu yang cukup lama, pemutaran secara livenya pun tidak berjalan mulus. Kadang berhent sejenak kadang lancar.

Berbeda dengan DVR yang menggunakan nomor seri atau kode unik tertentu yang terdapat pada DVR, ini akan lancar ketika digunakan online di smartphone, proses mudah dan lancar. contohnya adalah DVR merk Hikvision, DVR ini mengonlinekannya dengan nomor seri pada DVR. dan dukungan penuh dari developernya menjadi lebih mudah dalam penggunaannya. lebih lancar juga saat membuka dari aplikasi Android/iOS.

3. Kabel CCTV

Untuk Kabel sendiri perlu diperhatikan juga dalam pemasangan CCTV di rumah ataupun kantor. Ada dua jenis kabel yang umum diigunakan. Pertama kabel hitam yang sudah terpasang konektor dari pabrik langsung dan sudah ditentukan panjang kabelnya, seperti 1 meter, 5 meter hingga 10 meter. Kelemahan pada kabel ini tidak bisa menangkap gambar dengan bagus dan jika jarak antara kamera dengan DVR mencapai 100 meter lebih, gambar akan mengalami kurang bagus. kabel ini tidak di rekomendasikan menurut saya, hanya saja kabel ini lebih instan untuk pemasangan.

Yang kedua kabel BNC yang sudah termasuk kabel power. Biasanya ini berwarna putih atau hitam, dan dijual dengan minimal panjang kabel 100 meter. Maksimal 1 roll berisi 300 meter. untuk kabel ini kita memasang konektor dan power DC sendiri. jadi lebih tahu keawetan dan bagusnya saat pemasangan berlagsung.

Saya sudah mencoba langsung dengan kabel BNC ini dengan panjang 300 meter jarak antara DVR dan Kameranya. hasil gambarnya masih tetap bagus dan kuat. Ppower pun tidak ada kendala sedikitpun, hingga 2 tahun masih kuat dan tidak ada kendala.

Untuk kabel sudah tahu kan mana yang lebih bagus? kabel yang digunakana adalah yang bagus agar lebih awet karena berpengaruh juga pada kualitas gambarnya dan pemakaian yang secara terus menerus selama 24 jam nonstop hingga 5 tahun mendatang.

4. Harddisk

Penyimpanan atau memori sangatlah penting dalam menyimpan rekaman CCTV. ada banyak jenis harddisk seperti harddisk khusus laptop, CPU, PC Server dan juga CCTV. perlu diperhatikan juga saat pemasangan CCTV. Apakah menggunakan harddisk biasa yang digunakan CPU atau memang khusus untuk CCTV. Apa dampak jika menggunakan harddisk CPU pada CCTV. Jika menggunakan harddisk CPU pada DVR, Kinerja Harddisk Terlalu berat dan banyak yang rusak jika digunakan pada DVR, biasanya dalam jangka sebulan atau 3 bulan harddisk yang digunakan akan mengalami kerusakan seperti tidak bisa menyimpan, smart error harddisk. sangat disayangkan bukan. jika ada peristiwa yang memang penting kemudian harddisk tidak bisa menyimpan dengan baik. kadang ada juga ketika tiba – tiba mati listrik otomatis DVR mati mendadak, Harddisk tiba-tiba tidak berfungsi. ini dikarenakan salah menggunaka jenis harddisk.

5. Kamera

Kamera juga perlu diperhatikan ketika akan memasang CCTV, kenapa?. setiap yang pasang CCTV ingin sekali bertahan lama, kalaupun ada perubahan DVR masih support dan berfungsi dengan baik. untuk sekarang ini hanya beberapa DVR yang dapat membaca kamera lama, banyak DVR baru yang tidak support dengan kamera lama atau kamera analog. Pilihlah kamera yang sudah support berbagai jenis perekaman seperti TVI, AHD dan lainnya. kamera sekarang sudah berlabel 5 in 1. maksudnya adalah kamera tersebut sudah support di 5 jenis perekaman. manfaatnya adalah dapat digunakan banyak DVR.

6. Power Supply

Penting juga dan perlu diperhatikan karena dalam CCTV selalu menyala selama 24 jam nonstop. jika menggunakan adaptor biasa tentu akan mengurangi keawetan adaptor itu sendiri. disarankan menggunakan adaptor jaring yang sudah ada skringnya sehingga jika terjadi kontak langsung dengan listrik yang besar tidak merambah ke kamera, namun jika menggunakan adaptor biasa ada kemungkinan kamera kena imbasnya juga. lebih bagusnya lagi dengan power supply Box.

Demikian tips sebelum memasang CCTV online dirumah. ada beberapa yang diperhatikan sehingga tidak menyesal dikemudian hari. jangan asal murah lalu pasang dan tidak tahu hasilnya seperti apa. setelah dipasang menyesal karena hasil tidak memuaskan.

Baca juga : Bisnis Online Rumahan yang menggiurkan hasilnya!

Saya ada rekomendasi toko CCTV yang bagus dengan paketan murah. ada di shopee jika ingin mengunjunginya atau melihat – lihat paketan yang diinginkan klik disini untuk mengunjunginya. Disitu ada banyak pilihan paket CCTV murah dan berkualitas di toko tersebut anda dapat berkonsultasi mengenai CCTV dan siap memandu agar CCTV diruma anda bisa online dan dilihat dari smartphone. sangat rekomendasi sekali jika berbelanja di toko tersebut dan gratis berkonsultasi tentang dunia CCTV.

Baca juga : Elemen Penting dalam memasarkan sebuah produk!

Yang perlu dipikir dua kali adalah sebelum memasang. CCTV akan bekerja selama 24 jam tanpa henti jadi perlu dipikir lagi mana yang bagus dan awet hingga 5 tahun kedepan. jika anda membeli dengan kualitas rendah sangat disayangkan. kalau dalam bahasa jawanya “eman – eman”. dari pada meenyesal dikemudian hari atau menyesal setelah pasang kan sayang sekali. baiknya perlu dipikir lagi sebelum pemasangan dilakukan.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *