Budidaya Bunga Mawar Dalam Pot Tanpa Ribet

Budidaya Bunga Mawar Dalam Pot Tanpa Ribet

Bunga mawar bukanlah jenis bunga yang asing di telinga kita. Bunga ini seringkali dijadikan simbol dari Ratu Bunga yang mempunyai arti kehidupan religi. Di Indonesia sendiri banyak orang yang tertarik untuk menanam bunga mawar dengan tujuan mempercantik halaman rumah. Selain terlihat indah, warna bunga mawar diklaim sangat menarik perhatian mata. Selain itu juga, seperti wisuda dan acara pernikahan pun banyak yang mencari bunga mawar sebagai gimik yang bagus. Permintaan pasar pun terus berjalan dan bahkan di musim wisuda permintaan selalu meningkat. Anda penasaran bagaimana cara budidaya bunga mawar? Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut.

Cara Mudah Budidaya Bunga Mawar Dalam Pot

Waktu yang tepat untuk melakukan budidaya bunga mawar adalah di awal musim penghujan. Untuk menghasilkan tanaman berkualitas, pastikan Anda memilih bibit yang baik dan sehat. Tanaman yang wajib ditanam ini salah satunya bibit cabutan dan bibit dari polybag.

Penanaman bibit mawar cabutan yang harus Anda ketahui :

  1. Keluarkan bibit mawar dari tempat pembibitan dengan cara cabutan
  2. Potong beberapa cabang dengan batangnya
  3. Jangan lupa untuk menyisakan sepanjang 20-25 cm agar hibatus tanaman pendek
  4. Gunakan alat pangkas yang bersih dan tajam untuk memotong akar tanaman menjadi lebih sedikit
  5. Rendam bibit mawar dalam air atau larutan ZPT sebanyak 1-2 cc/liter selama 15-30 menit
  6. Tanam bibit mawar di tengah lubang, atur akarnya sehingga menyebar ke segala arah. Timbun akar tersebut dengan tanah sampai bagian leher batang
  7. Padatkan tanah agar akar berkontak langsung dengan air basah
  8. Siram sekeliling tanaman sampai basah

Jika menggunakan polybag, caranya :

  1. Pastikan tanah bibit mawar di polybag disiram sampai basah
  2. Angkat perlahan, kemudian balikkan sampai bibit bersama tanah dan akarnya terlepas dari polybag. Jika ukuran polybag cukup besar, Anda bisa menyayat plastik polybag dengan pisau tajam untuk menyesuaikan ukurannya
  3. Ambil, kemudian tanam kembali bibit bunga mawar tersebut ke tempat yang sudah disiapkan
  4. Letakkan bibit di tengah lubang tanam, tutupi bibit mawar dengan tanah kemudian padatkan
  5. Siram tanah hingga basah

Nah, untuk membudidayakan bunga mawar ini memang sangat mudah sekali. Bahkan langkah langkahnya juga cukup sederhana sekali. Tidak heran jika kini banyak orang yang melakukan tanam bunga mawar ini karena memang sangat mudah. Perawatannya juga cukup sederhana sekali dan bisa kamu lakukan setiap hari dengan santai.

bunga mawar putih

Bunga mawar selain indah dan cantik, bunga jenis ini juga memiliki sisi ekonomis yang cukup bagus. Banyak orang yang melakukan budidaya untuk bunga mawar karena dinilai bisa memberikan keuntungan yang lumayan. Harga jual di pasar bunga, tentu saja jenis buga mawar ini terbilang sagat ekonomis sekali. Bahkan bisa menjanjikan keuntungan yang lumayan menggiurkan!

Baca juga: Budidaya Buncis

Harga yang murah dan terjangkau, bunga mawar ini banyak dicari untuk menyatakan cinta ataupun ulang tahun tersayangnya. so sweet dong jika dikasi bunga, pasangan pun merasa sayangnya nambah berlipat – lipat. bunga mawar ini juga bisa bertahan 3 hari jika tangkainya dicelupkan dalam air. Penjual biasanya di simpan didalam lemari pendingin agar tetap terjaga kesegarannya.

Baca juga : Budidaya Bayam organik rumahan!

Menanamnya mudah, tidak membutuhkan perawatan khusus untuk melakukan kegiatan budidaya yang satu ini. Di musim pengujan seperti sekarang sangat cocok budidaya bunga mawar ini, bunganya sangat segar dan bentuknya bagus – bagus. jika banyak panen, banyak pula pengasilannnya. ingat bahwa bunga mawar ini selalu banyak permintaan di pasar bunga, banyak jenis bunga mawar yang sangat indah.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *